Jumat, 23 November 2007

Networking..Networking 1

Huayoooo Hoho sama Arli lagi pada ngerumpi apaan?
Kalau dua kimiawan bertemu, jangan-jangan menghasilkan zat kimia baru?

Begini lho Hoho, kalau dari diskusiku sama Arli tempo hari di email, kita sepakat bahwa bidang biologi & kimia itu lebih manusiawi dibanding ilmu lain.
Sebagai bukti, artikel kalian berdua punya nilai plus: lebih banyak dikomentari pembaca dibandingkan dengan artikel lain dari bidang fisika atau IT. Sebab objeknya adalah mahluk hidup.

Manusia itu cenderung menyukai topik tentang sesamanya. Maka itu acara infotainmen gosip artis sangat laku. Koran kuning ala Pos Kota, Berita Kota laku kenapa? Sebab objeknya adalah manusia: perampokan, perkosaan, pembunuhan dsb.
Nah, saya bukan bermaksud menjadikan Netsains seperti Pos Kota lho..hihihi. Tapi setidaknya saya ingin konten Netsains lebih manusiawi seperti belakangan ini. Bicara sains yang dikaitkan dengan keseharian, setidaknya meninggung hal human being.

Topik tentang komputer atau hal2 teknis tetap dipertahankan, namun tentu saja kita harus lebih sering menampilkan objek manusia.

Oh ya, awalnya saya ingin membuat milis khusus kontributor Netsains. Tapi sebelumnya saya juga sudah punya milis Technomedia yang sebagian kontributor Netsains juga sudah jadi membernya. Ternyata komunikasi yang terjalin kurang OK. Lebih didominasi mereka yang non kontributor.
Jika kita membuat milis khusus Netsains saja bagaimana? Maksudnya, topik pembicaraannya bisa lebih fokus ke konten Netsains.
Bagaimana menurut Hoho dan Arli?

Hmm, terus terang saja, dari sekian banyak kontributor Netsains, baru kalian berdua yang memberi respon sangat positif. Yang lain hanya sekadar mengirim tulisan saja. Eh, Pak KK alias Kusmayanto Kadiman juga bagus kok responnya. Namun kan beliau sudah sibuk dengan tugas negaranya. Jadi kita tak bisa berharap banyak.
Atau bisa jadi juga kontributor lain sudah agak "berumur", jadi sibuk dengan dunianya masing-masing? Hihihi.

Maka saya senang sekali jika Hoho & Arli punya banyak masukan, bahkan ikut aktif mengelola Netsains. Hanya ya maaf saja, seperti saya tekankan sejak awal, saat ini Netsains masih jadi proyek idealis. Jadi belum ada nilai komersilnya. Iklan yang berbayar baru Lintas Berita, itupun dengan harga pertemanan dan baru menutupi online. Hmm lainnya: Infolinux dan Langit Selatan adalah banner hasil barter link. Dan Multisolusi.com menyediakan hosting.
Jadi saat ini Netsains masih pure idealis. Tentu saja kita semua berharap kelak bisa go commercial kan? Hehehe.,

Okie dokie..ditunggu ya masukannya...Hujan di luar begitu derasnya. Petir menyambar bagaikan kemarahan sang empunya alam. Lho kok malah berpuisi?

Tidak ada komentar: