Senin, 19 November 2007

Dokter Lagi, Dokter Lagi 2

Membicarakan profesi kedokteran memang selalu menarik ya? Saya pernah baca bukunya Nawal, mengenai seorang imam agama yang korup. Bagus, karena dia berusaha mengangkat kajian gender. Tapi saya ada buku yang juga menarik mengenai kedokteran, yaitu 'becoming a doctor' karya Melvin Konner M.D. Mister Konner ini adalah pakar antropologi kesehatan. Dia sudah menjadi profesor dalam bidang itu, dan penelitiannya sudah banyak. Dia mempelajari pengobatan alternatif yang banyak terdapat di berbagai suku-suku terasing.
Namun, akhirnya dia mencapai suatu titik, bahwa melakukan perbandingan dengan pengobatan modern itu perlu. Akhirnya dia melakukan suatu hal yang radikal, yaitu belajar ilmu kedokteran. Buku 'becoming..' tersebut berisi pengalaman dia selama sekolah di fakultas kedokteran. Mulai dari pengalaman magangnya, interaksi dia dengan praktisi kesehatan, sampai curi-curi waktu supaya bisa ikut seminar mengenai antropologi (bolos dari RS).
Menarik melihat fakta, bahwa seorang guru besar antropologi masih mau sekolah lagi dari nol. Dokter biasa, mana mau belajar antropologi, misalnya?
Kalo berminat, saya resensi juga bukunya Mister Konner, tapi jadi utang banyak tulisan ya?? Tukang kredit nih gua....
Ya...saya tertarik untuk datang ke launching buku Merry, mudah-mudahan saja pas jadwal saya lagi kosong undangannya. Tapi santai aja lah

Tidak ada komentar: