Senin, 19 November 2007

Nihilisme & Nature 2

Hey...Hey..Hey....Merry
Lebih tepatnya yang paling menginspirasi saya dalam puisi itu adalah Siddharta Gauthama (Buddha). Saya mengenal Nietzche itu baru belakangan. Terakhir-terakhir ini saya lagi 'terintoxikasi' dengan filsafat timur, yang berakar di China, India dan sekitarnya. Ada fenomena unik di Jepang. Disana, setiap orang yang baru lahir akan didaftarkan namanya ke kuil Shinto terdekat. Namun sewaktu menikah dia akan mendapatkan sakramen di Gereja. Sewaktu meninggal, dia akan dikremasi secara Buddhist. Satu lagi, berdasarkan survai, 7 dari 10 orang Jepang mengaku tidak punya agama. Namun kalau mereka ujian atau menghadapi masalah, pasti mendatangi kuil Shito untuk konsultasi dengan pendetanya. Tradisi timur memang tidak memerlukan pengakuan dalam bentuk dogma atau kredo, seperti agama-agama semit (Yahudi, Kristen, dan Islam).
Yang paling penting menurut mereka adalah berpikir dengan benar, merasa dengan benar, dan bertindak dengan benar. Kalau diurut-urut, apakah tradisi timur ada hubungannya dengan kemajuan ekonomi politik India, China, Jepang, dan Korea Selatan? Mungkin saja, tapi korelasinya bagaimana kurang jelas.
Saya kirim juga nih review buku kamu. Saya tunggu pemuatan artikel2 yang saya kirim. Semoga mencerahkan.

Tidak ada komentar: