Senin, 19 November 2007

Sertifikasi

Semua ilmu sebenarnya bermula dan bermuara pada satu sumber, yaitu filsafat. Plato dan Aristoteles kan tidak pernah memisahkan antara ilmu eksak dan non eksak. Aristoteles misalnya, menulis buku tentang logika matematika, Ilmu biologi, ilmu retorik,dan ilmu politik. Pemisahan eksak vis a vis non eksak baru terjadi di abad ke 19, ketika ilmu2 positif memisahkan diri dari filsafat. Ini sudah dibahas di blog saya. Saya rindu pada masa-masa, ketika semua ilmu berada pada 'satu rumah'. Tapi ini tinggal impian belaka.....Paling tidak, walaupun hanya jadi kelompok minoritas, 'satu rumah' itulah yang saya perjuangkan. Semoga Netsains ini bisa menjadi 'satu rumah' yang saya impikan.
Ha...ha...ha, kalo ke eropa, nanti saya tumpuk sembako bumbu indonesia di apartemen saya. Memang demikianlah, faktor imperialisme Belanda berperan. Namun, mereka kan dididik untuk melayani kepentingan Belanda. Apa ini berarti, setelah Belanda pergi, mereka menggantikan posisi Belanda sebagai penjajah? Yah....bisa dilihat sendiri.
Soal sertifikasi.....jujur saja saya sudah mengikuti uraian macem-macem di milis teknomedia. Secara jujur saya tidak mengerti apa sih maunya? Sampai membandingkan profesi insinyur dengan dokter, menurut saya itu kebablasan. Profesi insinyur itu identik dengan kreatifitas, keterbukaan, dan progresif. Kalo disetarakan dengan dokter, saya berani jamin profesi insinyur akan ditinggalkan oleh publik. Tolong jangan bandingkan dokter dengan insinyur. Sampai sekarang saya masih sangat menghormati profesi insinyur. Kalo insinyur di'dokter'kan, mereka sedang menggali liang kubur mereka sendiri
Pembahasan sertifikasi sudah sangat hangat di dunia pendidikan, terutama ttg sertifikasi guru dan dosen. Ujung-ujungnya ke proyek lagi....
Lebih baik mereka di techmedia diingatkan, jangan samakan sertifikasi insinyur dengan dokter. Itu sangat-sangat berbeda dan sangat-sangat berbahaya. Bila waktunya kondusif akan saya beri tanggapan ke mereka secara langsung. Tapi saya lihat dulu.....

Tidak ada komentar: