Senin, 19 November 2007

Nihilisme & Nature 1

Hey Hey Arli..

Baru baca puisi kamu di FS, Nothingnes and Simplicity. Tau ngga sih, dulu aku sempat jadi penganut nihilisme. Mungkin akibat terpengaruh baca Franz Kafka sama Nietzsche waktu kuliah. Tapi sepertinya sudah mencapai antiklimaks dan sekarang sudah pada taraf tidak ingin mengikuti suatu aliran pun. Lebih membiarkan hidup mengalir seperti air. Mempercayakan semuanya pada Master of Universe, Si Pencipta Jagat Raya.
Ini aliran apa ya namanya? Aliran sungai? Hehehe..Jadi ingat ajaran The Secret atau Law of Attarction yang sedang heboh itu. pada dasarnya kan itu ajaran lama juga, hanya penulisnya pintar me-reminder orang agar selalu ingat berbuat hal baik. Dan akhirnya mereka menyerahkan semuanya pada setiap individu dan hukum alam.

Dulu, di awal jadi jurnalis IT, waktu mewawancara Kang Onno selalu gemes. Onno itu sering sekali bilang, "Serahkan saja pada yang Di Atas," itu jika ditanya soal cybercrime. Tapi kini setelah sekian lama tahu sepak terjangnya, memang paling indah adalah melakukan hal-hal baik sesuai keinginan kita, lantas menyerahkannya pada yang Di Atas. Itu berlaku untuk semua bidang pastinya.
Lantas bagaimana jika dikaitkan dengan Albert Camus? Sepertinya ada masa ketika seseorang ingin mengubah banyak hal secara drastis dengan cara memberontak. Ketika usaha pemberontakan frontal itu tidak berhasil seperti yang diharapkan, maka spirit pemberontakan itu sedikit redup. Bukan berarti mati. Dan akhirnya "pemberontakan" itu dijalankan secara lebih elegan.

Itulah yang dilakukan Onno sekarang ini. Ia tetap seorang Onno bersahaja, ngomong ceplas ceplos, namun tidak sekontroversi dulu lagi. Ia melakukan pemberontakan secara elegan. Saya pikir faktor usia mempengaruhi pola ini.
Saya belum setua Onno memang. Namun setidaknya sudah mulai memasuki tahap dimana pemberrontakan itu tidak dilakukan secara frontal.
Dan akhirnya saya setuju sama kalimat terakhir puisi itu: "Nature will take care of all our hustle. Harmony with the nature is the essence of all."

Tidak ada komentar: